Rabu, 10 Desember 2014

Mamapas Lewu At Borneo

07 Desember 2014

Untuk pertama kalinya (aku) mengikuti ritual adat dayak yang ada dikalimantan tengah "MAMAPAS LEWU" iya itulah nama dari ritual adat di salah satu borneo yang aku pijak. 06-12-2014 malam, tidak berfikir lama (aku) dan teman - teman berencana untuk besok pagi berangkat kesalah satu tempat yang akan mengadakan ritual MAMAPAS LEWU, untuk mengabadikan moment Ritual adat dayak tersebut. Sekitar 5 jam dari rumah kami tiba di salah satu desa yang akan mengadakan ritual adat MAMAPAS LEWU, desa BANGKAL. iya itulah salah satu desa yang ada di seruyan yang masih kental dan lekat dengan budaya-budaya DAYAK nya. Setiba disana (aku)langgsung tercengang melihat begitu banyak patung-patung berdiri didepan rumah setiap warga yang tinggal disana, entah apa yang ada didalam benak...aku hanya bisa mengamati satu persatu patung-patung itu, berbagai macam bentuk dan mempunyai keunikan tersendiri, (aku) mencoba mengartikannya sendiri apa maksud dari berntuk-bentuk patung ini, tapi entahlah...setiap patung memang berbeda, dengan kebiasaanku yang hanya selalu diam dan mengamati diam-diam, aku sendiri enggan bertanya.

yaahhh...mungkin (aku) rasa bidikan kamera (ku) cukup untuk menjawab semua pertanyaan...?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar